Selasa, 16 Februari 2021

Sekilas Mengenal Sosiatri

 

Oleh: Erwin Noer

Sejarah Singkat Sosiatri

Sosiatri sebagai cabang ilmu sosial, yaitu ilmu terapan yang menitik beratkan pada upaya pertolongan masyarakat, dan upaya pembangunan masyarakat. ilmu sosiatri ini, mulai di kembangkan di Universitas Gadjah Mada sejak tahun 1957. Dalam perkembangannya ilmu sosiatri, mengalami beberapa fase, adapun fasenya adalah sebagai berikut :

  • Fase awal perkembangan ( 1957-1966), pada fase ini perkembangan ilmu sosiatri masih terbatas pada cabang ilmu sosial yang berada di Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya dari sisi kajian masih ialah masalah-masalah sosial patologis. Masalah-masalah sosial tersebut meliputi, kemiskinan, kebodohan, kualitas kesehatan yang buruk, jumlah penduduk yang terus bertambah secara signifikan, dan adanya keterbatasan sosial, dan fisik.
  • Fase Pemantapan perekembangan (1967-1997), pada fase ini perkembangan ilmu sosiatri di tandai dengan di selenggarakannya pendidikan ilmu sosiatri di berbagai universitas di Indonesia, di antaranya adalah Universitas Tanjung Pura Pontianak, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Darul Ulum Jombang, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Iskandarmuda Aceh, dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik APMD Yogyakarta.
  • Fase Perkembangan (1998-Sekarang), pada fase ini perkembangan ilmu sosiatri di tandai dengan adanya kesempatan bagi ilmuan sosiatri mengembangkan spesialisasinya.

Ruang Lingkup Kajian Sosiatri

Ilmu sosiatri banyak mengkaji berbagai problematika sosial, seperti kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, dan disorganisasi sosial. selain itu, ilmu sosiatri juga memfokuskan diri pada berbagai upaya pembangunan masyarakat. 

Sekilas Mengenal Sosiatri/Sumber Gambar: Vindiasari.com

    

Peran, dan tanggung jawab Sosiatris

Sosiatris/Ilmuan Sosiatris, sebagai profesi yang memiliki visi, dan misi membangun masyarakat, banyak berperan aktif di tiga sektor yaitu sektor pemerintahan, Perusahaan, dan NGO/LSM. kemudian ilmuan sosiatris, banyak berperan sebagai pendidik, dan dosen di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentarlah dengan sopan, dan membangun blog ini. Hindari perbuatan SPAM

Introvert, jago komunikasi: perlukah?

Oleh: Erwin Noer Hallo, guys.. Hari ini gue mau bahas sebuah topik yang menarik. Topik gue ini tentang seseorang yang berkarakteristik intro...