Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alasan, perlunya kita mencoba ngeblog

 


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….


Hai, temen-temen gue lagi mau ngebahas tentang “Alasan, perlunya kita mencoba ngeblog”. Sebelum kita ngebahas topik ini.

Jadi, gue mau cerita sedikit nih ya. Sebenarnya gue juga belum menjadi pengguna blog yang sudah bener-bener profesional, gue itu baru sekitar 5 tahunan lah. Awalnya dulu, gue sekedar penasaran aja gitu gimana caranya bikin blog. Sampai pada akhirnya gue tertarik untuk ngeblog, bahkan kalo gue tanya-tanya ke temen-temen yang lebih senior ternyata banyak hal yang menarik tentang blog. Kapan-kapan deh gue ceritain di artikel yang berbeda hal menarik apa tentang blog yang pernah gue tau dari temen-temen gue.


tadi kan gue sudah sedikit cerita tentang sejarah singkat kenapa gue bisa ngeblog. Sebelum kita ngebahas tentang “alasan, perlunya kita mencoba ngeblog”, Sebaiknya temen-temen juga perlu tau tentang beberpa hal dibawah ini:

  1. Apa itu blog, ngeblog, dan blogger ?

  2. Bagaimana caranya ngeblog ?


Blog itu sendiri memiliki beragam pengertian, atau definisi. Mei 1999,  Scott Rosenberg pada sebuah kolom majalah online, mengatakan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa dari pada sekedar kumpulan link tapi kurang introspektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Baginya blog itu hanyalah tempat menyimpan diary. Lebih lanjut dari sumber yang berbeda pada tahun 2001, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya yaitu Roger Yim, menjelaskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Baginya blog perpaduan antara diary dengan suatu kemajuan teknologi berupa link di internet. Sehingga di dalam link tersebut, terdapat berbagai macam tulisan. 

Sumber: thejournale.com/


Dari berbagai sumber tersebut, kita tau gaes jadi blog itu mirip dengan diary yang biasa kita buat di secarik kertas. Tapi, bedanya blog ini berada di internet. Bahkan blog ini kalo menurut gue lebih publik, beda dengan diary yang kita buat lebih privasi. 

Blog sendiri pertama kali digagas oleh Blogger.com pada bulan Agustus tahun 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Sejarah blog dimulai dari istilah ‘Weblog’, yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. 

Sedangkan di Indonesia pada pada 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Mohammad Nuh mengatakan bahwa tanggal tersebut sebagai hari blogger nasional. Semenjak saat itu blog semakin berkembang dan semakin banyak peminatnya.


Jadi, blog itu adalah perpaduan antara kegiatan menulis dengan teknologi internet khususnya link yang menjadi tempat kita untuk menuliskan sesuatu. 

Nah, aktivitas nulis di blog yang terus menerus dan konsisten itu disebut dengan ngeblog. Sedangkan orang yang ngeblog di sebut blogger. kayak gue gaes hehehe…


Blog sendiri gaes banyak jenisnya, pengen tau jenis-jenis blog ? ini nih artikelnya gaes..

Baca:


Kan sudah tau nih blog itu apa, sekarang gue kasih tau nih gimana sih caranya ngeblog. Buat temen-temen yang pengen ngeblog hal yang terpenting adalah temen-temen perlu bikin dulu akun bloggernya. Temen-temen bisa coba daftarin diri dulu di blogspot, atau wordpress, dulu gue juga kayak gitu. Selanjutnya temen-temen kalo sudah punya blog, tinggal ngeblog deh. eittsss, jangan lupa di setting dulu. Cara settingnya ntaran ya gue kasih tau, di artikel yang berbedaa hehehe…..


Oke, kan dah tau nih gambaran umumnya tentang apa itu blog, dan gimana cara ngeblog…

Berarti dah bisa nih kita masuk ke pembahasan tentang “Alasan, perlunya kita mencoba ngeblog”. 


Ya, sebenarnya mau ngeblog atau nggak bebas aja sih, itu hak kalian..hehe.. 

Tapi, betulan deh ngeblog ini banyak banget manfaatnya’ mau tau kan ? jadi ini nih manfaat dari ngeblog:

  1. Sebagai ruang berbagi, semisal temen-temen ini punya keahlian dibidang kesehatan. Temen-temen bisa nih berbagai pengetahuan melalui blog, dengan ngeblog temen-temen bisa ngerasa pengetahuan atau keahlian yang temen-temen punya lebih bermanfaat. Karena, bakal banyak yang terbantu dari blog’ kan saat ini banyak banget nih pengguna internet. Gue aja kalo lagi puyeng kadang-kadang cari diinternet, siapa tau ada referensi obat puyeng. Habis tuh tinggal beli di apotik deh,,hehehe….

  2. Sarana menyalurkan hobi menulis, namanya juga ngeblog tentu menjadi sarana kita untuk menyalurkan hobi menulis. bahkan gue jadi semakin suka menulis setelah ngeblog, rasa-rasanya skill gue meningkat hehehe…..


  1. Dapat penghasilan, nah ini nih yang biasanya banyak dicari oleh temen-temen blogger. temen-temen dengan ngeblog bisa dapat penghasilan tambahan, gak main-main loh penghasilannya bisa sampai juta-an. Tapi, tergantung juga sih seberapa bermanfaat tulisan temen-temen. Sehingga punya nilai manfaat dan banyak dibaca oleh orang lain. Untuk bisa dapat penghasilan, minimal blog temen-temen harus sudah lolos adsense yaa… caranya ntar deh geh kasih tau di artikel yang berbeda..hehehe

  2. Dapat pahala, kalo tentang dapat pahala ya tergantung juga. kalo tulisannya bermanfaat bagi orang lain, dan semakin banyak orang terbantu dari informasi yang temen-temen tulis diblog tentunya bakal dapat pahala. hehehe….


oke, sekian dulu gaes artikel gue, thank you…..




Erwin Noer
Erwin Noer Seorang pembelajar, fasilitator, dan juga penulis.

Posting Komentar untuk "Alasan, perlunya kita mencoba ngeblog"