Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bingung tentang niche blog, baca nih

 

Sumber: kangdandi. com

Sebagaimana kita ketahui, Niche menjadi sesuatu yang penting dalam membangun suatu blog. Niche memiliki fungsi sebagai ruang lingkup pembahasan ketika hendak menulis artikel pada suatu blog. Dengan memiliki niche, maka artikel menjadi lebih terfokus, dan konsisten. Sehingga ketika kawan-kawan ingin memulai suatu blog, kawan-kawan sudah gak bingung lagi. Pada akhirnya kawan-kawan hanya perlu melakukan pengamatan mengenai niche blog, mempelajari, dan selanjutnya menuliskannya dalam bentuk artikel dengan sudut pandang kawan-kawan. 

Namun, realitanya ternyata dalam menentukan niche pun tampaknya bukan hal yang mudah bagi sebagian orang yang ingin memulai ngeblog. Sehingga dalam artikel kali ini gue coba membahas bagaimana menentukan sebuah niche.  Mengenai niche blog, sebenarnya sudah banyak  para blogger yang ngebahas. Akan tetapi disini gue coba membahasnya lagi, dengan sudut pandang gue di artikel kali ini. Semoga tulisan gue dapat membantu kawan-kawan yang lagi kebingungan untuk memulai ngeblog, khususnya tentang memilih niche blog yang tepat.

Niche blog sendiri memiliki beberapa jenis menurut keluasan lingkup pembahasannya. Menurut pandangan John James Robinson dalam e-booknya The Authority Site Adsense Guide, mengatakan bahwa niche blog itu terbagi menjadi empat jenis, yaitu Whole-niche, Broad-niche, Themed-niche, dan Micro-niche. Memahami keempat jenis niche blog, gue rasa akan ngebantu banget kawan-kawan dalam menentukan niche blog yang tepat.


Supaya mempermudah kawan-kawan untuk memahami niche blog tersebut, gue akan jelaskan dengan contoh. misalnya gue mau bikin blog dengan tema besarnya tentang “Kegiatan Belajar Mengajar”. Dalam tema kegiatan belajar mengajar ini kan masih bersifat umum, dan luas. Ada banyak bagian-bagian dari tema kegiatan belajar mengajar yang bisa dibahas dalam suatu artikel. Membahas seluruh bagian-bagian dari tema kegiatan belajar mengajar inilah yang disebut dengan Whole-niche, Seperti gambar di bawah ini:


Sumber: erwinnoer. com

Sedangkan yang dimaksud dengan Broad-niche,  tidak membahas semua topik tetapi hanya sebagian besar topik saja ya kawan-kawan. Seperti gambar dibawah ini:


Sumber: erwinnoer. com

Kalo yang dimaksud dengan Themed-niche, lebih mengerucut lagi atau fokus pada satu topik saja ya kawan-kawan. seperti gambar dibawah ini:


Sumber: erwinnoer. com

Lebih lanjut ya kawan-kawan, yang dimaksud dengan Micro-niche, lebih fokus lagi pada sub topik tertentu. seperti gambar dibawah ini:


Sumber: erwinnoer. com


Nah dari contoh tersebut, semoga kawan-kawan bisa lebih memahami tentang niche berdasarkan luas cakupan pembahasannya. Kalo disimpulkan niche blog berdasarkan luas cakupannya seperti dibawah ini:

  • Whole-niche (pembahasannya seluruh topik)
  • Broad-niche (pembahasannya sebagian besar topik)
  • Themed-niche (pembahasannya satu topik)
  • Micro-niche. (pembahasannya bagian tertentu dari topik)
Setelah kawan-kawan memahami tentang luasan cakupan niche, kawan selanjutnya hanya perlu melakukan pengamatan pada topik tertentu yang sesuai keahlian atau skill kawan-kawan. Bisa juga kawan-kawan memilih topik yang paling disukai, setelah menentukan. Kawan-kawan hanya perlu membahas tentang topik itu.



Erwin Noer
Erwin Noer Seorang pembelajar, fasilitator, dan juga penulis.

Posting Komentar untuk "Bingung tentang niche blog, baca nih"