Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis Blog Yang bisa jadi pilihan

 

Sumber: romeltea. com

Sebagaimana kita ketahui, blog menjadi ruang bagi kita untuk menuliskan berbagai ide, gagasan, sudut pandang, maupun ulasan-ulasan tertentu dengan memaksimalkan kemajuan teknologi, yaitu internet. Tentu dengan adanya internet, kita menjadi semakin mudah dalam mengakses informasi termasuk mengenai blog itu sendiri. Sehingga semestinya  memulai blog, atau mengenal blog bukanlah hal yang sulit.

Namun, realitanya ternyata masih banyak kawan-kawan yang kesulitan untuk memulai ngeblog. Bahkan ada yang bingung harus bagaimana memulainya. 

Dalam artikel kali ini, gue mau ngebahas tentang jenis-jenis blog yang bisa dijadikan referensi kawan-kawan dalam memulai kegiatan ngeblog.

Sebenarnya sudah banyak artikel yang ngebahas tentang jenis-jenis blog. Tapi, gue disini coba ngebahas lagi. Semoga Pembahasan gue dalam artikel ini bisa lebih ngebantu kawan-kawan yang lagi bingung dalam memulai ngeblog. Khususnya tentang nentuin jenis blog mana yang mau di coba.

Karena menurut gue, jenis blog ini berkaitan juga dengan tujuan dari ngeblog, kemudian modal yang dimiliki, dan seberapa banyak waktu yang dimiliki untuk ngeblog.


Jenis-jenis blog menurut pengamatan gue diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Blog Pribadi atau Blog Personal

Blog pribadi atau personal, blog ini sangat fleksibel sesuai dengan kemauan penulis dari blog personal ini. Bahasan blog ini, biasanya seputar kehidupan sehari-hari, maupun sudut pandang tentang sesuatu menurut si pembuat blog. Jadi, topik pembahasannya bebas, dan benar-benar fleksibel.


Sumber: matthew-lesko. com

Tipe blog pribadi sangat sesuai bagi kawan-kawan yang baru memulai untuk ngeblog. Karena tidak berkaitan dengan topik, atau pembahasan topik tertentu. Bahkan jika kehidupan penulis blog personal ini cukup menarik, dan sangat baik dalam menyampaikan. Tentu blog ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca untuk mengenal penulis.


  1. Blog Perusahaan atau Bisnis

Blog perusahaan atau bisnis, blog ini sangat tergantung dengan visi dan misi perusahaan. Bahasan blog ini, biasanya berkaitan dengan kegiatan perusahaan, citra perusahaan, dan produk-produk dari perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengenalkan perusahaan kepada publik, dan juga keterbukaan perusahaan kepada publik.


Sumber: phi.pertamina. com

Blog ini sangat cocok sekali bagi kawan-kawan yang memiliki perusahaan, apakah itu perusahaan sekali mikro atau global sekalipun. Karena tujuan blog ini adalah untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik (orang banyak). Kawan-kawan juga yang bekerja pada suatu perusahaan yang belum memiliki blog. Blog ini sangat membantu perusahaan untuk lebih eksis, dan lebih maju.


  1. Blog Topik Tertentu

Blog Topik Tertentu, atau yang sering disebut blog niche, blog ini sangat tergantung pada topik tertentu. Bahasan blog ini, biasanya berkaitan dengan topik tertentu, seperti topik tentang kesehatan, pendidikan, traveling, dll. Tujuannya adalah untuk membahas suatu topik secara mendalam, dan terbatas pada topik tertentu.


Sumber: fitnessfirst. co.id

Blog ini sangat cocok sekali bagi kawan-kawan yang memiliki minat pada topik tertentu. Bahkan kalo kawan-kawan memiliki kemampuan, atau skill tertentu. Kawan-kawan bisa jadikan fokus tertentu sebagai topik bahasan blog.


  1. Blog Organisasi

Blog organisasi, blog ini sangat tergantung pada visi dan misi organisasi. Bahasan blog ini, biasanya berkaitan dengan visi dan misi organisasi, kegiatan organisasi, dan semua tentang organisasi tersebut yang perlu disampaikan kepada ranah publik. Seperti blog organisasi masyarakat Islam Nahdlatul Ulama, blog organisasi masyarakat Islam Muhammadiyah, blog organisasi Wahdah Islamiyah, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi seputar organisasi tersebut.


Sumber: nu. or.id

Blog ini sangat cocok sekali bagi kawan-kawan yang familiar dengan dunia organisasi, atau kawan-kawan adalah bagian dari organisasi tersebut. Kawan-kawan juga memiliki kewenangan untuk menjadi penulis blog dalam organisasi tersebut. 


  1. Blog Toko Online

Blog toko online, blog ini sangat tergantung pada produk-produk yang dijual pada toko onlinenya tersebut. Bahasan blog ini, biasanya berkaitan dengan produk yang dimiliki,  kegiatan promosi, harga, dan berbagai program toko online tersebut. Tujuannya adalah membuat pembaca mengenal tokonya, produknya, dan yang terpenting membuat produknya diminati oleh pembeli. Blog ini sangat cocok sekali bagi kawan-kawan yang memiliki usaha online, atau umkm, dan ingin mengembangkan usahanya.


Sumber: https: fastpay. co.id


  1. Blog Berita

Blog berita, blog ini sangat tergantung fenomena yang terjadi dan perlu disampaikan. Bahasan blog ini, biasanya berkaitan dengan topik yang berasal pada fenomena tertentu, kondisi yang lagi viral, atau kondisi yang tidak biasa. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi tersebut secara lengkap sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Blog ini sangat cocok sekali bagi kawan-kawan yang memiliki usaha di media kabar. Saat ini koran, maupun majalah mulai kurang diminati. Sehingga blog berita menjadi sebuah solusi.


Sumber: kompas.com
  1. Blog Afiliasi

Blog afiliasi atau blog kerjasama, blog ini sangat tergantung pada topik tertentu dengan mitra dari blog tersebut yang bekerja sama. Bahasan blog ini, biasanya berkaitan berbagai upaya agar pembaca tertarik dengan produk yang dimiliki oleh mitra kerja sama nya tersebut. Tujuannya adalah untuk membahas keunggulan dari mitra blognya tersebut, dan membuat pembaca merasa tertarik. Blog ini sangat cocok sekali bagi kawan-kawan yang memiliki mitra kerja, dan ingin menambah penghasilan.

Bagi kawan-kawan yang berminat untuk membuat blog afiliasi,  apakah sebagai pemilik program afiliasi, atau yang tertarik untuk menjadi mitra melalui program afiliasi. Salah mitra yang mengadakan program afiliasi adalah Niagahoster.


Sumber: niagahoster. co.id

Erwin Noer
Erwin Noer Seorang pembelajar, fasilitator, dan juga penulis.

Posting Komentar untuk "Jenis Blog Yang bisa jadi pilihan"