Kamis, 17 Desember 2020

Hidup Sederhana dan Berkualitas

 

Tips Menjalani Hidup Lebih Santai dan Berkualitas

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Oleh Erwinnoer.com

Pada artikel kali ini saya mau bahas tentang tips-tips biar hidup kawan-kawan lebih tenang, simple, sederhana, tetapi tetap konsisten dengan yang namanya kualitas hidup yang lebih baik. banyak orang-orang berkata, biar hidup kawan lebih berkualitas’ kawan-kawan harus cobain yang namanya berada di zona tidak nyaman. Karena dengan kawan-kawan berada di zona tidak nyaman,kawan-kawan akan temui berbagai macam tantangan hidup yang bakal membangun kualitas hidup diri lebih baik.

Dari anggapan seperti itu, saya pribadi berfikir kalo itu ada benarnya tetapi tetap perlu manajamen diri, dan tentunya melihat kemampuan, atau modal diri yang kawan-kawan punya. Sebab gini, selama kita masih menjalani fase kehidupan tantangan pasti ada, dan kalo kita memiliki pola pikir tentang kita harus mencoba berada di zona tidak nyaman, tanpa memahami kemampuan diri, modal diri, dan manajemen diri. Menurut saya justru akan membuat hidup menjadi lebih ribet, dan gak terarah.

Oke jadi di sini saya mau berbagi tips-tips biar hidup kawan-kawan lebih tenang, simple, sederhana, tapi tetap berkualitas. Tips dari saya adalah kawan  bisa mencoba dengan memilah-memilah segala sesuatu dalam hidup kawan-kawan, karena dengan memilah-milah kita juga jadi tau mana yang sebenarnya perlu, dan kurang perlu. Kalo dari saya pribadi setidaknya, perlunya kita memilah-milah kedalam 5 hal. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :

                

a.       Hal pertama adalah hubungan kita dengan Allah SWT

Hal yang pertama ini, adalah tentang bagaimana hubungan kita dengan Allah SWT. Dalam hal ini, mirip dengan istilah “Hablum’minallah. Pada bagian ini kita menjalankan peran kita sebagai mahluk yang bertuhan, berarti menjalankan perintahnya dan berusaha meninggalkan larangannya. Seperti melaksanakan ibadah shalat, mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an, mengikuti majelis ilmu yang bermanfaat, serta menjalankan amal-amal kebaikan dan meninggalkan amal-amal yang mendatangkan dosa.

b.      Hal kedua adalah yang berkaitan dengan kesehatan

Hal yang kedua ini, adalah tentang bagaimana menjaga kodisi diri tetap sehat. Pada bagian ini kita menjalankan peran kita sebagai mahluk yang lambat laun akan menua yaitu dari usia 1 th sampai dengan batas usia kita. Artinya  pada fase-fase pertumbuhan ini, menurut saya kita tidak selalu berada pada fase tumbuh dan berkembang. Tetapi, akan ada fase dimana tubuh atau pertumbuhan mengalami fase penurunan yaitu fase menua. sehingga pada fase ini, kita perlu menjalankan peran kita seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat, dan berolahraga.

c.       Hal ketiga adalah yang berkaitan dengan karir atau keuangan

Hal yang ketiga ini, adalah tentang bagaimana kita mengupayakan karier atau kondisi keuangan kita. Tidak menutup kemungkinan, berbagai masalah sering kali terjadi karena meremehkan tentang pentingnya memperoleh sumber keuangan, manajemen karier, dan memastikan kondisi finansial pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Maka pada bagian ini, kita dapat menjalankan peran sebagai seorang mahluk yang dapat memaksimalkan potensi diri dan memperoleh sumber keuangan, seperti bekerja dengan orang lain, atau membangun bisnis.

d.      Hal keempat adalah yang berkaitan dengan pengetahuan

Hal yang keempat, adalah yang berkaitan dengan pengetahuan. Pada bagian ini, sebagai mahluk yang terus tumbuh, kita perlu terus belajar mengenai berbagai hal. Contoh sederhana adalah ketika kita ingin buka pintu, jika kita tidak tau ilmunya tentu akan bingung. Pengetahuan dal hal ini berkaitan dengan bagaimana cara kita belajar, apakah dengan mempelajari dari orang lain. Seperti ketika kita bersekolah, mengikuti majelis ilmu, membaca buku, dan lain sebagainya. kemudian, bisa juga belajar dari pengalaman kita sendiri. Kemudian dari pengetahuan tersebut berbagai dinamika kehidupan dapat kita atasi.

e.       Hal kelima adalah yang berkaitan dengan sosial

Hal yang keenam, sekaligus terakhir menurut aku pribadi adalah membangun hubungan sosial, pada bagian ini kita perlu membangun hubungan baik terhadap sesama. Membangun hubungan baik terhadap sesame, selain berdampak positif dalam karier, dan kehidupan sosial. Tetapi, juga dapat memenuhi kebutuhan emosional kita. Berkaitan dengan kehidupan sosial, kita perlu membangun hubungan dengan keluarga, teman-teman, tetangga, dan setidaknya dengan orang-orang terdekat kita.

 

Oke kelima hal tersebut menurut saya pribadi perlu di perhatikan sebelum memutuskan untuk memiliki hidup di luar zona nyaman. Selanjutnya dari uraian singkat di atas bisa di jadikan dasar dalam menjalani kehidupan lebih simple, sederhana, tetapi tetap berkualiata. Namun, tidak menutup kemungkinan temen-temen akan menambahkannya dengan hal-hal yang lain.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat….


 


 

8 komentar:

  1. Hidup itu harus di bawa santai dan di nikmati

    BalasHapus
  2. hidup itu semestinya memang harus santuy

    BalasHapus
  3. Tetap sederhana sperti penulisnya hahaha

    BalasHapus
  4. Hidup santai harus seimbang hablum minallah dan hablum minannasnya. Bukan begitu bang?

    BalasHapus
  5. Hidup harus dijalani dengan santai biar tidak sepaneng

    BalasHapus
  6. Dan selalu bersyukur agar menjalani keseharian tanpa beban kak, jadi ayem dan tak merasa kurang

    BalasHapus

Tolong berkomentarlah dengan sopan, dan membangun blog ini. Hindari perbuatan SPAM

Introvert, jago komunikasi: perlukah?

Oleh: Erwin Noer Hallo, guys.. Hari ini gue mau bahas sebuah topik yang menarik. Topik gue ini tentang seseorang yang berkarakteristik intro...