Langsung ke konten utama

Cara Untuk Sukses Sebelum Usia 30 Tahun



Oleh : Erwin Noer
 

            Usia 30 tahun sering kali menjadi tolak ukur mengenai kesuksesan seorang. Sehingga menjadi sukses di usia 30 tahun, menjadi sebuah tujuan, bahkan keharusan untuk kebanyakan orang. Pemikiran tersebut menjadi dasar bagi setiap orang tua untuk berusaha, semaksimal mungkin agar anak-anaknya sukses di usia 30 tahun. Selain itu adalah kewajiban mendasar bagi orang tua, berupaya agar anaknya menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya, agama, negara, dan keluarganya. Maka  hal tersebut mendorong berbagai upaya, perjuangan, dan pengorbanan yang di lakukan agar anak-anak mereka sukses di usia 30 tahun. Lalu muncul sebuah pertanyaan :

Apakah peran orang tua adalah satu-satunya untuk sukses di usia 30 tahun ?

Jawabannya adalah orang tua bukanlah satu-satunya faktor untuk menjadi sukses di usia 30 tahun. Tetapi, banyak sekali faktor yang menentukan, dan faktor utama adalah diri anda sendiri.

Oke langsung saja saya bocorkan tips-tips untuk sukses sebelum umur 30 tahun, dan tips-tips ini bisa anda terapkan sekarang juga, dan semoga bermanfaat.

1.      Memiliki Tujuan

Yang pertama adalah memiliki tujuan, hal ini sudah menjadi rahasia umum. Bayangkan untuk membuka pintu saja harus punya tujuan membuka pintu, apalagi untuk sukses. Tips yang pertama adalah memiliki tujuan, kenapa harus memiliki tujuan’ karena dari tujuan tersebut kita akan mampu menyusun rencana.

Lalu muncul pertanyaan….

 

Mas saya gak tau apa tujuan saya ?

Jadi, kalo muncul pertanyaan seperti itu di benak anda. Maka saya akan ingatkan kembali, tujuan saya, anda, dan semua orang. Pasti tujuannya adalah agar bermanfaat minimal bermanfaat bagi diri dan keluarga. Yang menjadi pertanyaan adalah bermanfaat dalam hal apa, untuk siapa, dan kapan.

 

Contoh: saya ingin sukses sebagai seorang pendidik di salah satu perguruan tinggi. Sehingga tujuan saya adalah ingin menjadi dosen di usia 30 tahun,, Karena dengan menjadi dosen saya memiliki banyak nilai manfaat.

 

Setelah anda tau apa tujuan anda, secara otomatis anda mulai mencari berbagai informasi. Maka saatnya saya bahas tips berikutnya….

 

2.      Kondisikan Diri

 

Yang kedua adalah kondisikan diri. Dengan anda tau apa tujuan anda, secara otomatis anda akan mencari tau berbagai informasi, tentang apa tujuan anda. Dalam langkah yang kerdua ini, anda perlu mencari tau sebanyak mungkin informasi tentang tujuan anda. Selanjutnya bandingkan dengan keadaan anda saat ini, apakah kondisi anda saat ini mendukung atau tidak, mungkin atau tidak, berapa menurut anda tingkat keberhasilannya. Contoh lagi : anda ingin sukses sebagai pengusaha, tapi anda malas-malasan, sering menunda tanpa alasan jelas, anda tidak suka membaca, di suruh belajar’ banyak alasan untuk berkata tidak, orang tua anda kasih uang SPP, anda pakek untuk rental game, dan lain sebagainya.

Jika, begitu saya rasa tingkat keberhasilan anda akan di bawah 60 %, maka’ mulai detik ini  kondisikan diri.

Anda mau mengubah cara hidup anda, agar lebih dekat dengan tujuan anda. Atau anda mau merubah tujuan anda, yang sesuai dengan cara hidup anda. Pilihan ada di tangan anda…

 

Maka pada tips kedua ini, anda hanya perlu memastikan tingkat keberhasilan dengan cara mencari sebanyak mungkin informasi, kemudian bandingkan denga kondisi anda sekarang….

Maka, setelah anda merasa yakin, mulailah menyusun rencana..

 

3.      Susun Rencana

 

Setelah tau tujuan, dan merasa benar-benar yakin. Maka saatnya anda menyusun rencana. Setelah anda melalui tahap menentukan tujuan, dan tahap mengkondisikan diri. Tentu anda tau hal-hal apa yang perlu di lakukan agar anda dapat mencapai tujuan anda. Contoh : saya ingin lulus sekolah, berarti setidaknya ada beberapa hal yang menjadi rencana, misalnya rencana pertama, mendaftar sekolah’, rencana kedua mengerjakan tugas sekolah, mengikuti salah satu atau lebih ekstrakurikuler, mematuhi aturan sekolah, dan lain sebagainya.

Setelah anda menyusun rencana, dan anda tau apa yang harus anda lakukan..

Maka mulailah untuk melakukan,…. Tahap demi tahap.

 

4.      Lakukan dan Konsisten

 

Setelah anda membuat rencana, pada tahap ini adalah lakukan dan konsisten…

Sudah menjadi rahasia umum, kunci dari sukses adalah melakukan dan konsisten. Maka, pada bagian ini, mulailah melakukan apa yang sudah di rencanakan…. Kemudian lakukan secara konsisten sampai pada akhirnya anda terbiasa dengan berbagai aktifitas, dan kegiatan yang dapat menunjang tujuan anda…

 

5.      Berdoa

Yang kelima adalah berdoa… karena segala sesuatunya adalah atas kehendaknya. Maka, berikhtiar dan berdo’a adalah kunci utama untuk sukses sebelum umur 30 tahun. Mintalah do’a, dan dukungan dari orang-orang terdekat anda. Serta mintalah do’a dari mentor atau guru anda…

Oke, kelima  hal tersebut adalah tips-tips dari saya dan semoga apapun tujuan anda semoga sukses….

 


Komentar

Posting Komentar

Tolong berkomentarlah dengan sopan, dan membangun blog ini. Hindari perbuatan SPAM

Postingan populer dari blog ini

Lulus Kuliah Masih Nganggur

    Oleh: Erwin Noer Memiliki pekerjaan yang layak setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Tentu menjadi harapan bagi semua orang, baik seseorang yang menempuh pendidikan tersebut, maupun orang terdekatnya. Namun, realitanya adalah tidak semua lulusan perguruan tinggi kemudian langsung memiliki pekerjaan yang layak. Sebagian di antaranya justru berada di zona pengangguran. Hal semacam ini, jelas menjadi problematika baik bagi lulusan tersebut, orang terdekat, masyarakat, dan pemerintah.  Lulus Kuliah Masih Nganggur/Sumber Gambar: Maucash.id   Pada artikel kali ini, erwinnoer.com akan ngebahas tentang cara untuk menyikapi kondisi ketika sedang menganggur setelah lulus kuliah. Lulus Kuliah Masih Nganggur, Harus Bagaimana ? Menganggur setelah lulus kuliah tentu menjadi problematika, mungkin untuk masyarakat kalangan menengah atas. Hal semacam ini tidak begitu berdampak bagi kehidupan’ dan bisa jadi dapat di lalui dengan baik. Berbeda halnya dengan masyara

Tips Sederhana Membangun Relasi Sosial

Oleh: Erwin Noer Masyarakat yang ada saat ini, adalah salah satu bukti kalo manusia adalah mahluk sosial. Sehingga sudah semestinya sebagai mahluk sosial, kita membangun relasi sosial, atau yang akrab dengan yang namanya hubungan sosial. Namun, yang saya maksud di sini adalah relasi sosial, atau hubungan sosial yang harmonis. Relasi sosial menjadi hal yang sangat penting, selain memenuhi kebutuhan akan adanya interaksi, pengakuan, dan ikatan antar sesama. Ternyata relasi sosial, adalah salah satu bentuk investasi masa depan. Dalam membangun relasi sosial, banyak sekali hal-hal yang yang dapat di lakukan. Di antaranya adalah tips sederhana dalam membangun relasi sosial. Tentunya tips-tips ini akan membantu kawan-kawan pembaca, dari yang pendiam banget’ sampai yang cerewet. Bisa ngepraktekin langsung. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut : ·          Tips pertama, adalah tegur sapa. ·          Tips kedua, adalah senyum.   Tegur Sapa Di sadari, atau tidak, kita dalam menjala