Jumat, 05 Februari 2021

Tips Sukses Untuk Usia 15 Tahun Keatas

 

 

Oleh : Erwin Noer

Sudah menjadi rahasia umum, ketika kata sukses di jadikan sebagai tujuan, target dalam melakukan berbagai hal. Sukses di artikan sebagai kondisi dalam mencapai tujuan, sedangkan tujuan tersebut secara umum dapat di bedakan menjadi dua, yaitu sukses yang berkaitan dengan pencapaian pada suatu target tertentu, dan sukses yang berkaitan dengan keberlanjutan.

Terdapat berbagai macam tips, strategi, atau cara dalam mencapai suatu tujuan, atau yang di katakan sukses. Namun, sebelum masuk pada inti artikel saya kali ini. Ada baiknya, kita mendefinisikan lebih mendalam makna dari pada kata sukses.

“Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perumpuan  dalam keadaan beriman, maka pasti akan kemi berikan kepadanya kehidupan yang  baik,  dan akan kami beri balasan dengan pahala yang baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl: 97)

 

Berdasarkan terjemahan Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 97, berkaitan dengan definisi sukses, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa sukses itu dapat di raih oleh siapapun, tidak melihat apakah itu seorang lelaki, ataupun seorang wanita.

Kemudian, sukses dalam terjemhan surat tersebut adalah tentang balasan berupa pahala, atas berbagai bentuk perbuatan, dan upaya. Kemudian, dalam terjemahan surah tersebut, terdapat kata beriman. Maka, dalam hal ini kita sebagai seorang ummat muslim, tentu dapat mengartikan bahwasanya sukses maupun cara-cara dalam mendapatkanya sejalan dengan ajaran Agama Islam. Allahua’lam bissawab

            Hal tersebut, sedikit definisi dari sukses, yang di kaitkan dengan ajaran Agama Islam. Selanjutnya definisi sukses, menurut seorang ahli, yaitu CEO Zappos, Tony Hsieh mengatakan sukses  adalah suatu kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai yang di yakininya.

Dari definisi yang di sampaikan oleh seorang Tony Hsieh, sukses tersebut tentang bagaimana seseorang menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai yang di yakininya, maka sebagai seorang muslmim tentu kita perlu menyelaraskan berbagai model kehidupan kita, dengan nilai-nilai yang di ajarkan dalam Agama Islam.

Oke, kawan-kawan itu adalah sedikit tentang definisi sukses berdasarkan perspektif Al-Qur’an, dan pendapat ahli di bidangnya.

Lalu apa definisi sukses menurut erwinnoer.com…

Jadi, sukses menurut erwinnoer.com adalah sejalannya cara hidup, dengan tujuan hidup. Artinya dalam menjalani kehidupan ini, kita harus berorientasi pada tujuan’ sehingga kehidupan lebih bermakna, dan memiliki rasa kepuasan tersendiri. Tentunya, juga di pertimbangkan dengan ajaran Agama Islam bagi seorang muslim, begitupun dengan mereka yang menganut dengan agama lain.

sukses pada dasarnya memiliki makna, dan bentuk yang berbeda bagi setiap orang. Contohnya saya mengartikan sukses adalah bermanfaat di bidang pendidikan, maka saya berusaha menyelaraskan antara tujuan, tersebut dengan cara hidup saya. Seperti, berusaha memperoleh pekerjaan di bidang pendidikan, berbagi pengetahuan, dan lain sebagainya.

Oke, itu hanya salah satu contoh saja….

Lalu mengapa tips ini, penting…

Karena, sebagian orang pada kondisi tertentu mengalami fase pada menurunnya harapan untuk memperjuangkan kesuksesan mereka, bahkan di antaranya akhirnya bunuh diri karena merasa tertekan, dan tidak lagi memiliki jalan keluar.

Hal tersebut, sangat memungkinkan mengingat persaingan dalam menjalani kehidupan semakin rumit..

Maka, semoga tips ini dapat menjadi solusi..

Oke, kita masuk ke inti artikel pada kali ini..

            Adapun tips-tips untuk sukses adalah sebagai berikut :

                                 1.         Evaluasi Diri

Pada tips yang pertama, mengapa evaluasi diri sangatlah penting. Karena sebagian orang kebingungan harus melakukan apa, dan bagaimana. Oke, pada tahap ini kita dapat mengenali potensi diri kita, dan peluang apa yang bisa kita maksimalkan. sebagai contoh adalah kita memiliki minat pada otomotif, memasak, elektronik, dan lain sebagainya. kemudian, kita merasa mampu dalam bidang tersebut’ tetapi kita tidak memiliki legalitas, seperti ijazah, atau sertifkat. Maka, hal yang perlu kita lakukan adalah memperoleh ijazah, atau sertifikat tersebut…..

 

                                 2.         Legalitas

Berkaitan dengan tips yang pertama, mengapa legalitas itu penting. Karena, untuk beberapa hal masyarakat akan melihat potensi seseoarng melalui legalitas, yang di miliki’ barulah melihat karya sorang tersebut. Maka, pada tips yang kedua ini adalah berusaha memperoleh legalitas sehingga selain menambah kepercayaan diri, juga memunculkan kepercayaan public terhadap kualitas kita.

 

                                 3.         Berkarya

Setelah kita mengenali potensi diri kita, sudah memiliki legalitas atau kepercayaan publik. Maka, yang perlu di lakukan adalah teruslah berkarya, secara berkelanjutan. Mengapa hal ini penting, karena untuk mempertahankan kepercayaan publik, dan terus mengembangkan potensi diri. Di perlukannya sebuah karya, dan dari karya tersebut kita dapat mengukur diri.

 

                                 4.         Jangan Menyerah

Mengapa ini penting, karena sebagian oarng merasa :

Ahhhh, saya terlalu tua untuk sukses..

Ahhhh, saya terlambat dalam menggapai kesuksesan…

Ahhhhh, saya gak ada modal…..

Ahhhhhh, saya pasrah aja…..

 

Maka, pada kondisi seperti ini.. kita, sebenarnya di tuntut untuk lebih meyakinkan diri, serta terus berusaha. Sebab pada fase ini, adalah hal lumrah ketika kita merasa tidak memiliki solusi apapun. Walaupun sebenarnya solusi itu ada namun karena kondisi yang tidak percaya diri’ maka solusi apapun menjadi seperti tidak ada.

 

                                 5.         Berdo’a dan Bertaqwa

Berdo’a dan bertaqwa, adalah penenang jiwa, sekaligus bentuk kepasrahan diri kepada Allah SWT. Pada, fase ini kita hendaknya berusaha lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar ketika kita sedang di dalam proses mencapai target atau sukses. Langkah kita menjadi ringan, dan di mudahkan.

            Oke demikian tips sukses dari saya semoga bermanfaat……

 

 

 

 

 

3 komentar:

Tolong berkomentarlah dengan sopan, dan membangun blog ini. Hindari perbuatan SPAM

Introvert, jago komunikasi: perlukah?

Oleh: Erwin Noer Hallo, guys.. Hari ini gue mau bahas sebuah topik yang menarik. Topik gue ini tentang seseorang yang berkarakteristik intro...