Selasa, 23 Februari 2021

Tips Sederhana Membangun Relasi Sosial


Oleh: Erwin Noer

Masyarakat yang ada saat ini, adalah salah satu bukti kalo manusia adalah mahluk sosial. Sehingga sudah semestinya sebagai mahluk sosial, kita membangun relasi sosial, atau yang akrab dengan yang namanya hubungan sosial. Namun, yang saya maksud di sini adalah relasi sosial, atau hubungan sosial yang harmonis. Relasi sosial menjadi hal yang sangat penting, selain memenuhi kebutuhan akan adanya interaksi, pengakuan, dan ikatan antar sesama. Ternyata relasi sosial, adalah salah satu bentuk investasi masa depan.

Dalam membangun relasi sosial, banyak sekali hal-hal yang yang dapat di lakukan. Di antaranya adalah tips sederhana dalam membangun relasi sosial. Tentunya tips-tips ini akan membantu kawan-kawan pembaca, dari yang pendiam banget’ sampai yang cerewet. Bisa ngepraktekin langsung. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut :

·         Tips pertama, adalah tegur sapa.

·         Tips kedua, adalah senyum.

 

Tegur Sapa

Di sadari, atau tidak, kita dalam menjalani kehidupan mau atau tidak mau akan melalukan banyak aktifitas yang melibatkan orang lain, apakah itu dalam kehidupan bermasyarakat, berkeluarga, berteman, dalam bekerja, bersekolah, dan lain sebagainya.

Keterlibatan tersebut, tentu harus di isi dengan keharmonisan. Hal sederhana yang dapat di lakukan adalah dengan menegur, atau menyapa orang lain. Tegur, sapa dapat menjadi awal dari adanya sebuah hubungan yang harmonis. Contoh, kita sedang berada pusat perbelanjaan’ awalnya hanya seorang diri. Kemudian mencoba menegur, atau menyapa orang lain. Maka, dari situ akan terbangun pola awal dari adanya suatu realsi sosial. Bisa jadi, di lain waktu mengalami kesusahan. Contoh, ban bocor di jalan’ tidak sengaja bertemu dengan orang yang di sapa saat berada di pusat perbelanjaan. Bisa jadi orang tersebut karena kenal lewat tegur sapa tersebut. Menjadi berniat membantu. 

Tips sederhana membangun relasi sosial/Sumber Gambar: Tutorkeren.com

 

Kalo kita tela’ah, pada penjelasan mengenai tegur sapa ternyata tegur sapa dapat mengawali adanya relasi sosial. Sedangkan relasi sosial, bisa menjadi investasi bagi kita, entah berupa bantuan, rekan kerja, dan lain sebagainya.

Senyum

Dengan kita senyum, orang lain akan menjadi nyaman. Senyum memiliki keterkaitan dengan tegur sapa tadi. Tegur sapa, tanpa di iringi dengan senyum dan keramahan. Tegur sapa justru Nampak seperti negur orang yang melakukan kesalahan. Tentu niatan kita gak mau di salah artikan. Maka, kita perlu mengkolaborasikan antara tegur sapa, dan senyum.

Senyum di sini, yang saya maksud adalah senyum yang tidak berlebihan. Contoh, pergi jalan-jalan’ sepanjang jalan kita senyum, kan kayak orang …….., tau sendirikan maksudnya.

Oke, sampek sini, sudah paham ya maksudnya..

Kedua tips tersebut, adalah du acara yang dapat di kolaborasikan secara bersamaan, tips tersebut’ selain mudah untuk di lakukan’ gratis juga kan.

Hal-hal semacam, ini seperti tegur sapa, senyum, dan lain sebagainya perlu untuk di budayakan. Selain bermanfaat bagi diri kita di masa kini, menjalankan ajaran agama, hal tersebut juga dapat menjadi investasi kita di masa mendatang.

Semoga artikel sederhana, seperti judulnya yang juga sederhana dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

4 komentar:

Tolong berkomentarlah dengan sopan, dan membangun blog ini. Hindari perbuatan SPAM

Introvert, jago komunikasi: perlukah?

Oleh: Erwin Noer Hallo, guys.. Hari ini gue mau bahas sebuah topik yang menarik. Topik gue ini tentang seseorang yang berkarakteristik intro...