Rabu, 03 Maret 2021

Lulus Kuliah Masih Nganggur

 

 Oleh: Erwin Noer

Memiliki pekerjaan yang layak setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Tentu menjadi harapan bagi semua orang, baik seseorang yang menempuh pendidikan tersebut, maupun orang terdekatnya. Namun, realitanya adalah tidak semua lulusan perguruan tinggi kemudian langsung memiliki pekerjaan yang layak. Sebagian di antaranya justru berada di zona pengangguran. Hal semacam ini, jelas menjadi problematika baik bagi lulusan tersebut, orang terdekat, masyarakat, dan pemerintah. 

Lulus Kuliah Masih Nganggur/Sumber Gambar: Maucash.id

 

Pada artikel kali ini, erwinnoer.com akan ngebahas tentang cara untuk menyikapi kondisi ketika sedang menganggur setelah lulus kuliah.

Lulus Kuliah Masih Nganggur, Harus Bagaimana ?

Menganggur setelah lulus kuliah tentu menjadi problematika, mungkin untuk masyarakat kalangan menengah atas. Hal semacam ini tidak begitu berdampak bagi kehidupan’ dan bisa jadi dapat di lalui dengan baik.

Berbeda halnya dengan masyarakat kalangan menengah kebawah, tentu akan menjadi problematika, dari problematika sosial, hingga ekonomi. Maka, ketika berada pada kondisi ini erwinnoer.com memiliki sebuah cara, dan mungkin bisa menjadi solusi alternatif.

  • Munculkan niat untuk dapat produktif.

Dengan memiliki niat untuk dapat produktif, hal ini akan mendorong diri untuk berusaha mencari jalan keluar. Dari mencari lowongan pekerjaan, melakukan program afiliansi, dan mencoba membangun bisnis sendiri.

  • Jangan gengsi

Gengsi terkadang, menjadi pembatas diri untuk membangun jalan menuju sukses. Kenapa demikian ? karena dengan adanya gelar pendidikan yang sudah di miliki, tidak menutup kemungkinan munculnya rasa ingin bekerja di tempat yang layak, dan kemudian menolak untuk bekerja di tempat yang biasa aja. Padahal, dengan mengesampingkan gengsi’ dan mencoba untuk menerima berbagai pekerjaan. Bisa jadi menjadi peluang menuju pekerjaan impian. Setidaknya telah mampu memiliki pendapatan.

  • Bangun relasi

Membangun relasi, menjadi sesuatu yang penting. Selain menjalankan fungsi sosial, ternyata membangun relasi dapat menjadi modal dalam membangun jalan menuju sukses. Kenapa demikian ? karena dengan membangun relasi, maka jaringan pertemanan menjadi semakin luas. Bisa jadi, satu di antaranya adalah memiliki pengaruh di bidang pekerjaan yang sedang di inginkan.

  • Memiliki bisnis

Membangun bisnis, tentu membutuhkan modal. Tapi, dengan kecanggihan tehnologi saat ini. Ternyata tehnologi dapat di maksimalkan, untuk memiliki pemasukan. Contoh sederhana adalah memiliki blog kemudian bekerja sama dengan penyedia layanan iklan. Hal semacam itu dapat menjadi alternatif solusi.

Baca Juga:

 

Maka, sebenarnya banyak cara untuk menyikapi menganggur setelah lulus kuliah, tinggal bagaimana menejemen diri, memaksimalkan modal yang ada, mencari peluang, dan berani mencoba.

Demikan artikel sederhana kali ini, semoga dapat memberikan dampak yang luar biasa.

7 komentar:

  1. dulu aku habis freshgrad juga sempat nganggur 6 bulan..tapi dengan semangat 45 kujalani banyak tes di sana sini dan akgirnya nyantol 1 kerjaan di ibukota

    memang memvangun relasi ini penting..sangat bermanfaat di kemudian hari

    BalasHapus
  2. Mending jd mahasiswa bang dr pd lulus tp ngnggur wkwk

    BalasHapus
  3. buka usaha aja dulu sambilan cri kerja, secara gak lgsg itu akan menjadi poin plus bagi diri sendiri. www.negaraweb.com

    BalasHapus

Tolong berkomentarlah dengan sopan, dan membangun blog ini. Hindari perbuatan SPAM

Introvert, jago komunikasi: perlukah?

Oleh: Erwin Noer Hallo, guys.. Hari ini gue mau bahas sebuah topik yang menarik. Topik gue ini tentang seseorang yang berkarakteristik intro...