Langsung ke konten utama

Langkah jitu menjaga fokus pada satu tujuan

 Oleh: Erwin Noer

Menjadi pribadi sukses sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Agar seseorang dapat tampil sebagai pribadi yang sukses, ternyata di butuhkan berbagai upaya. Salah satu upaya , adalah menjaga FOKUS. 

Sebuah Fokus yang di ilustrasikan dengan Efek Domino/Sumber gambar: Imunitas.or.id


Fokus itu sendiri adalah kondisi terjaganya fikiran, energi, perhatian, dan tindakan pada satu arah yang di sebut tujuan. Namun, kenyataannya untuk menjaga diri agar tetap fokus ternyata bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali hal dapat mendistraksi atau mengalihkan fikiran dan fokus seseorang. Alhasil bukannya mencapai tujuan, justru malah melakukan hal-hal yang tidak memiliki keterkaitan dengan tujuan yang ingin di capai.

Ketakutan akan gagal, kekhawatiran akan masa depan yang tidak pasti, perasaan membandingkan diri dengan orang lain, dan bahkan pendapat orang lain menjadi faktor yang seringkali menjadi sebab teralihkannya fikiran. Tentu hal semacam itu perlu di atasi agar FOKUS tetap terjaga.

Dalam artikel kali ini, erwinnoer.com akan mencoba membahas langkah-langkah yang dapat di lakukan agar tetap FOKUS. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

·         Tentukan Tujuan

Pada tahap ini, yang perlu di lakukan adalah membuat sebuah tujuan atau target yang ingin di capai.

·         Identifikasi Caranya

Pada tahap ini, setelah mengetahui tujuan yang ingin di capai. Langkah selanjutnya adalah identifikasi atau di cari tahu hal-hal apa saja yang dapat di lakukan agar tujuan tersebut dapat di capai.

·         Batasi diri pada 2 – 3 aktivitas saja perhari

Pada tahap ini, setelah mengetahui tujuan serta cara-cara yang dapat di lakukan agar tujuan tersebut tercapai. Maka, yang perlu di lakukan adalah batasi diri, pada 2-3 aktivitas saja. Hal ini perlu agar diri tidak menjadi lelah di awal.

·         Hindari melakukan hal secara bersamaan

Pada tahap ini, membatasi diri pada 2-3 aktifitas saja’ bukan berarti melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara bersamaan. Lakukan secara bertahap atau satu demi satu hingga pada akhirnya selesai.

·         Belajar berkata “TIDAK”

Dalam berbagai situasi, seseorang kadang di hadapkan pada berbagai pilihan. Maka pada tahap ini, perlu adanya ketegasan diri untuk berkata tidak pada pilihan-pilihan yang hanya akan mengganggu fokus kawan-kawan sekalian.

Dan kalaupun sangat sulit di hindari, maka buatlah skala prioritas: Penting dan mendesak, mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting, dan tidak mendesak.

Kawan-kawan perlu memahami tentang skala prioritas ini.

·         Konsisten

Pada tahap ini, seseorang telah mengetahui apa tujuannya, bagaimana cara mencapainya, dan telah tahu strategi apa saja yang perlu di lakukan agar tujuan tersebut dapat tercapai. Namun, justru pada tahap ini seseorang akan menemukan tantangan terbesarnya seperti rasa lelah, godaan untuk melakukan hal lain, serta sulitnya untuk mencapai tujuan tersebut.

Maka, ketika dirasa prosesnya terasa berat, kawan-kawan hanya perlu konsisten dengan cara mengingat apa tujuan atau target yang selama ini kawan-kawan usahakan.

 

Kesimpulannya, adalah menjaga FOKUS adalah kunci untuk mencapai tujuan tertentu. semakin fokus itu terjaga, semakin tujuan tersebut sangat memungkinkan untuk di capai. Serta saran dari erwinnoer.com adalah fikirkan apa yang perlu di fikirkan, dan lakukan apa yang mampu di lakukan. Tetap optimis, jaga fokus, dan pasrahkan segala sesuatu yang berada di luar jangkauan anda pada Allah SWT.

Thank you….

 

Komentar

  1. Terimakasih atas informasinya
    Mudah-mudahan kita bisa menjaga fokus agar kita bisa segera mencapai tujuan yang selama ini kita harapkan

    BalasHapus
  2. Susah sekali sih buat berkata TIDAK bagi orang yang engga enakan:v mungkin mas nya bisa buat artikel tentang orang yang suka gaenakan dan jadinya lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. terimakasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  3. Jadi makin tau cara lebih fokus sama tujuan nih...

    BalasHapus

Posting Komentar

Tolong berkomentarlah dengan sopan, dan membangun blog ini. Hindari perbuatan SPAM

Postingan populer dari blog ini

Lulus Kuliah Masih Nganggur

    Oleh: Erwin Noer Memiliki pekerjaan yang layak setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Tentu menjadi harapan bagi semua orang, baik seseorang yang menempuh pendidikan tersebut, maupun orang terdekatnya. Namun, realitanya adalah tidak semua lulusan perguruan tinggi kemudian langsung memiliki pekerjaan yang layak. Sebagian di antaranya justru berada di zona pengangguran. Hal semacam ini, jelas menjadi problematika baik bagi lulusan tersebut, orang terdekat, masyarakat, dan pemerintah.  Lulus Kuliah Masih Nganggur/Sumber Gambar: Maucash.id   Pada artikel kali ini, erwinnoer.com akan ngebahas tentang cara untuk menyikapi kondisi ketika sedang menganggur setelah lulus kuliah. Lulus Kuliah Masih Nganggur, Harus Bagaimana ? Menganggur setelah lulus kuliah tentu menjadi problematika, mungkin untuk masyarakat kalangan menengah atas. Hal semacam ini tidak begitu berdampak bagi kehidupan’ dan bisa jadi dapat di lalui dengan baik. Berbeda halnya dengan masyara

Tips Sederhana Membangun Relasi Sosial

Oleh: Erwin Noer Masyarakat yang ada saat ini, adalah salah satu bukti kalo manusia adalah mahluk sosial. Sehingga sudah semestinya sebagai mahluk sosial, kita membangun relasi sosial, atau yang akrab dengan yang namanya hubungan sosial. Namun, yang saya maksud di sini adalah relasi sosial, atau hubungan sosial yang harmonis. Relasi sosial menjadi hal yang sangat penting, selain memenuhi kebutuhan akan adanya interaksi, pengakuan, dan ikatan antar sesama. Ternyata relasi sosial, adalah salah satu bentuk investasi masa depan. Dalam membangun relasi sosial, banyak sekali hal-hal yang yang dapat di lakukan. Di antaranya adalah tips sederhana dalam membangun relasi sosial. Tentunya tips-tips ini akan membantu kawan-kawan pembaca, dari yang pendiam banget’ sampai yang cerewet. Bisa ngepraktekin langsung. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut : ·          Tips pertama, adalah tegur sapa. ·          Tips kedua, adalah senyum.   Tegur Sapa Di sadari, atau tidak, kita dalam menjala

Cara Untuk Sukses Sebelum Usia 30 Tahun

Oleh : Erwin Noer                  Usia 30 tahun sering kali menjadi tolak ukur mengenai kesuksesan seorang . Sehingga menjadi sukses di usia 30 tahun, menjadi sebuah tujuan, bahkan keharusan untuk kebanyakan orang. Pemikiran tersebut menjadi dasar bagi setiap orang tua untuk berusaha, semaksimal mungkin agar anak-anaknya sukses di usia 30 tahun. Selain itu adalah kewajiban mendasar bagi orang tua, berupaya agar anaknya menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya, agama, negara, dan keluarganya. Maka   hal tersebut mendorong berbagai upaya, perjuangan, dan pengorbanan yang di lakukan agar anak-anak mereka sukses di usia 30 tahun. Lalu muncul sebuah pertanyaan : Apakah peran orang tua adalah satu-satunya untuk sukses di usia 30 tahun ? Jawabannya adalah orang tua bukanlah satu-satunya faktor untuk menjadi sukses di usia 30 tahun. Tetapi, banyak sekali faktor yang menentukan, dan faktor utama adalah diri anda sendiri. Oke langsung saja saya bocorkan tips-tips untu